Kamis, 13 Maret 2014

MacBook Pro Rusak Dipanggang Dalam Oven Bisa Menyala Kembali

Ales Kocjancic MacBook Pro Ales Kocjancic di dalam oven Apakah anda pernah berpikir ketika Laptop anda tidak menyala alias Mati untu... thumbnail 1 summary
MacBook Pro Rusak Dipanggang Dalam Oven Bisa Menyala Kembali
Ales Kocjancic
MacBook Pro Ales Kocjancic di dalam oven
Apakah anda pernah berpikir ketika Laptop anda tidak menyala alias Mati untuk dimasukkan ke dalam oven agar dapat diperbaiki. Kemungkinan orang tidak akan melakukan hal bodoh ini. Tetapi yang terjadi dilakukan oleh pengembang aplikasi dengan nama Ales Kocjancic membuat kita merasa tidak percaya.

Kocjancic ialah pendiri platform optimisasi real-time Live Systems yang merasa putus asa ketika laptop Apple MacBook Pro miliknya rusak. Laptop tersebut menolak bootin secara berulang kali.

Setelah mencari referensi di search engine apa yang terjadi dilaptopnya hingga Kocjancic tetap tidak menemukan cara yang dapat memperbaiki laptopnya tersebut. Akhirnya Kocjancic memutuskan untuk membongkar mainboard MacBook dan dimasukkan ke dalam oven dan di masak. Mainboard dibungkus dengan aluminium foil dengan oven bersuhu 170 derajat Celsius selama 7 menit.

MacBook Pro Rusak Dipanggang Dalam Oven Bisa Menyala Kembali
Ales Kocjancic Logic board MacBook Pro Ales Kocjancic
Setelah di masak di dalam oven, Logic Board main board dikeluarkan dan didiamkan hingga dingin lalu dipasang lagi ke cangkang laptop itu. Hal yang ajaib pun terjadi, sistem operasi MacBook Pro milik Kocjancic menyala kembali dan dapat digunakan seperti layaknya laptop lainnya.

Dan menurut penjelasan dari Business Insider berspekulasi bahwa kerusakan laptop dikarenakan adanya solder di mainboard tidak kencang dalam arti longgar sehingga koneksi pun tidak terhubung dengan baik. Nah dengan dipanaskan di dalam oven membuat solder tadi mencair dan tersambung kembali. Dan untung komponen penting lainnya tidak terbakar akibat panasnya oven.

Ternyata Kocjancic sebelumnya pernah memanaskan karu grafis GeForce yang rusak dan berhasil memperbaikinya dan hal inilah yang menjadikan ide untuk melakukan kembali dengan barang yang berbeda yakni laptop.

MacBook Pro Rusak Dipanggang Dalam Oven Bisa Menyala Kembali
Ales Kocjancic MacBook Pro Ales Kocjancic menyala kembali
Namun hal yang begitu eksterm ini, Kocjancic member peringatan kepada pengguna untuk jangan meniru dan mencoba cara ini. Karena hal yang dilakukan tidak berarti semua laptop rusak di masak akan menyala kembali. Dan Kocjancic mengatakan hal tersebut demi menghindari resiko kebakaran.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Review diatas adalah kutipan dari website yang ada di internet dikemas menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua. setiap post ada link sumber. Lengkapnya baca Disclaimer